Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh - Tumbuhan manggis biasa kita jumpai disekitar kita. ketinggiannya bisa sampai  6 meter hingga 20 meter. Mempunyai keunikan tersendiri seperti memiliki batang tegak serta batang pokok yang kokoh, sedangkan pada kulit batang memiliki warna coklat. Tumbuhan manggis memiliki getah berwarna kuning, berdaun tunggal dengan ciri bentuk duduk daun bertemu atau bersilang, sedangkan pada helaian daunnya seperti mengkilat pada permukaannya. Pada permukaan yang ada di atasnya mempunyai warna hijau ke gelap-gelapan, sedang permukaan bawah daun berwarna hijau jelas, bentuk daun mempunyai bentuk elips juga memanjang sekitar 12 cm hingga 23 cm, 4,5cm hingga 10 cm, tangkai kurang lebih 1,5 cm sampai 2 cm.

Akan tetapi ciri yang lainnya yakni pada bunga type betina 1 s/d 3 di ujung batang, susunannya menggarpu, garis tengahnya mencapai ukuran 5 cm sampai 6 cm. Pada kelopak daun,  tanaman ini memiliki kelopak dua daun dan  kelopak yang terluar berwarna hijau kuning, dua daun yang terdalam memiliki ukuran lebih kecil. Bentuknya bertepi berwarna merah, melengkung kuat, dan tumpul. Memiliki mahkota terbagi dalam 4 daun mahkota, bentuk telur terbalik, berdaging tidak tipis, berwarna hijau kuning, bagian tepi berwarna merah atau hampir semua merah.

Memiliki benang sari mandul ( staminodia ) biasanya dalam tukal ( group ). Bakal buah beruang hingga 8, kepala putik berjari-jari 4 sampai 6. Buahnya berbentuk bola tertekan, garis tengahnya 3, berjarak kurang lebih 5-7 cm, berwarna ungu tua, dengan bentuk seperti kepala putik duduk, dan dinding buahnya tidak tipis. Berdaging, berwarna ungu, getah berwarna kuning pula. Mempunyai biji 1 sampai 3, diselimuti oleh sebuah selaput biji yg tidak tipis berair, berwarna putih, dapat dikonsumsi ( terhitung biji yg tidak berhasil tumbuh sempurna ). Tumbuhan ini tidak di ketahui asal usulnya dari mana.

Waktu berbunga pada bulan Mei sampai bulan Januari. Tumbuhan ini dapat tumbuh di daerah jawa dengan ketinggian 1 meter hingga 1000 meter dpl pada bermacam jenis tanah ( pada tanah liat dan lempung yg kaya akan bahan organik ), sering disebut tanaman buah. lklim yang diperlukan yakni ada kelembaban panas dengan memiliki curah hujan yang merata. Tumbuh kembang tanaman ini dapat ditangani dengan cara biji yang telah dikecambahkan lebih dulu dalam kantong plastik. Setelah menjadi kecambah dapat ditanam di halaman yang luas setelah berumur 2 sampai 3 tahun,  jarak tanarn minimal 10 meter.

Tanaman manggis muda harus dilindungi/dinaungi, sedang tanaman manggis bisa berbuah pada saat umur 8 tahun hingga 15 tahun. Pohon yang diberi pupuk akan dapat lebih cepat berbuah. Untuk memperbanyaknya  dapat memakai cara atau metoda kultur jaringan. Turus kuncup ketiak daun menggunakan Indole Butyric Acid atau biasa disingkat "IBA" sangat kecil.

Efek biologi dan farmakologi pada rebusan kulit memiliki efek antidiare. Buah muda memiliki dampak speriniostatik dan juga memmiliki dampak spermisida. Ekstrak ( n-heksana dan etanol ) manggis memiliki ketoksikan spesifik.

Manfaat pada buah manggis 


Buah manggis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Khaisatnya digunakan sebagai bahan pengobatan seperti mengobati diabetes, radang amandel, diare, keputihan, wasir, disentri, dan borok. Selain itu bisa juga digunakan untuk melancarkan dahak dan sakit gigi. Pada bagian kulit buah ini bisa digunakan pula untuk mengobati sariawan, obat asam urat, disentri, sembelit, dan urat ngilu.

Cara pemakaian buah manggis dalam pengobatan


Meramu buah manggis untuk menyembuhkan disentri digunakan kulit manggis sebanyak 2 buah, dicuci lalu dipotong potong, kemudian di rebus hingga mendidih dengan menggunakan 4 buah gelas air. Setelah dingin, kemudian disaring Ialu segera diminum. Bisa dicampur madu jika perlu. Sebaiknya diminum sehari 2 kali dengan takaran 3/4 gelas.

Untuk menyembuhkan mencret digunakan kulit manggis sebanyak 2 buah. Sebaiknya di masak terlebih dahulu, kemudian dicuci dan dipotong potong, di rebus dengan 3 buah gelas air hingga mendidih sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, kemudian disaring lalu diminum dengan dicampur madu seadanya. Sebaiknya diminum 2 kali dalam sehari dengan takaran 3/4 gelas.

Untuk menyembuhkan sariawan digunakan kulit manggis 2 buah, dicuci dan dipotong potong, di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai volume tinggal setengahnya. Setelah itu, didinginkan kemudian disaring untuk dikumur-kumur dalam mulut Sebaiknya diminum 3 hingga 6 kali dalam sehari sebanyak 2 sendok makan.

Demikianlah artikel yang berjudul manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. poetry-sehat.

0 comments